Ads

Monday, October 3, 2016

RESEP ONDE ONDE KACANG HIJAU

Resep Kue Tradisional Onde Onde Kacang Hijau, Onde-onde adalah sejenis kue jajanan pasar yang populer di Indonesia. Onde-onde dapat ditemukan di pasar tradisional maupun dijual di pedagang kaki lima. Onde-onde juga populer khususnya di daerah pecinan baik di Indonesia maupun luar negeri. Berikut kami sajikan resep membuat jajanan pasar yang mungil dan enak, serta khas asli Indonesia. Yuk simak cara pembuatannya.
ONDE ONDE KACANG HIJAU

Bahan Kulit Onde Onde Kacang Hijau :

·         250 gr tepung ketan
·         25 gr tepung sagu
·         ½ sdt garam
·         ¼ sdt vanili
·         15 gr gula pasir
·         1 btr telur
·         150 ml air hangat
·         100 gr wijen
·         minyak goreng

Isi Onde Onde Kacang Hijau :

·         100 gr kacang hijau kupas
·         75 gr gula pasir
·         1 lembar daun pandan
·         ¼ sdt garam
·         ¼ sdt vanili
·         50 ml santan

Cara Membuat Onde Onde Kacang Hijau :

1.    Isi: kukus kacang hijau hingga matang dan empuk. Angkat, lalu haluskan selagi panas. Campur kacang hijau bersama gula pasir, daun pandan, garam, vanili dan santan, aduk hingga rata. Masak dengan api kecil sampai adonan isi bisa dipulung. Dinginkan. Ambil adonan isi 10 gr, lalu bulatkan. Sisihkan.
2.    Kulit: campur tepung ketan, tepung sagu, garam, vanili, gula pasir dan telur aduk rata. Tuangi air hangat sedikit demi sedikit, sambil diuleni sampai kalis dan dapat dipulung, sisihkan.
3.    Ambil 15 gr adonan kulit, pipihkan. Taruh adonan isi, bentuk bulat hingga kacang hijau tertutup.
4.    Celupkan sebentar ke dalam air, lalu gulingkan dalam wijen.
5.    Goreng onde-onde dengan api kecil. Setelah onde-onde mengapung, besarkan sedikit apinya, goreng hingga berwarna kuning kecokelatan. Angkat dan tiriskan.

Demikian cara pembuatan Onde Onde Kacang Hijau jajanan pasar khas indonesia yang enak praktis dan sederhana. Cocok sekali sebagai camilan sehari hari untuk mengisi perut lapar anda. Kini giliran anda harus mencobanya dirumah. Jangan lupa berbagi cerita di kolom di bawah ini ya, dan jangan lupa di share juga dengan teman teman anda.


Sampai jumpa di resep kue kami selanjutnya..slamat mencoba...

0 comments:

Post a Comment