Ads

Saturday, September 16, 2017

RESEP KUE KERING LIDAH KUCING


          KUE KERING LIDAH KUCING, merupakan jenis kue kering yang memiliki bentuk seperti lidah kucing. Rasanya yang enak, renyah, serta gurih merupakan khas dari kue ini. Kue ini diadaptasi dari kue khas negeri Belanda ‘kattetong’ yang secara harfiah mengartikan berarti Lidah Kucing. Dari tampilan fisiknya yang unik, tipis, dan panjang membuat resep kue lidah kucing bisa dibilang cukup mudah, baik secara teknik pembuatan maupun bahan-bahannya.
Dengan menggunakan bahan dasar Tepung Terigu dan yang perlu diperhatikan hanyalah pada saat proses pemanggangan. Jangan gunakan oven dengan suhu yang terlalu tinggi, cukup 160OC saja, dengan lama pemanggangan 20 menit. Jika mengunakan oven dengan suhu terlalu tinggi, kue lidah kucing akan gosong dibagian pinggirnya dan masih lembek dibagian tengah. Kue kering lidah kucing juga termasuk pada jenis kue kering yang dapat dengan mudah dibuat sendiri di rumah. Sementara bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat kue kering lidah kucing juga mudah ditemukan ditoko terdekat rumah anda. Langsung saja yuk simak bahan apa saja dan bagaimana cara pembuatan Kue Kering Lidah Kucing.
 
Kue Kering Lidah Kucing



Bahan yang perlu disiapkan diantaranya yaitu:
  1. Telur ayam yang diambil bagian putihnya sebanyak 6 butir
  2. Keju parut sebanyak 250 gram keju cheddar
  3. Susu bubuk dengan jenis full cream sebanyak 75 gram
  4. Tepung maizena sebanyak 100 gram
  5. Gula pasir halus sebanyak 175 gram
  6. Tepung terigu sebanyak 250 gram
  7. Mentega sebanyak 300 gram.


Cara membuat KUE KERING LIDAH KUCING diantaranya yaitu:
  1. Mengocok beberapa bahan seperti mentega dan gula hingga bahan tercampur dengan sempurna. Mentega dan gula juga akan membentuk adonan kue yang lembut.
  2. Setelah adonan sudah lembut, putih telut kemudian dimasukan satu persatu ke dalam adonan dan diaduk hingga merata. Jika adonan sudah benar-benar merata akan terlihat buih pada adonan.
  3. Susu bubuk, tepung maizena serta tepung terigu kemudian dimasukan sambil adonan diaduk secara perlahan hingga rata sempurna. Keju yang telah diparut kemudian dimasukan ke dalam adonan. Keju yang dimasukan ke dalam adonan yaitu sekitar 175 gram.
  4. Setelah keju dimasukkan ke dalam adonan, adonan kemudian diaduk hingga merata.
  5. Adonan dari kue kering lidah kucing yang telah selesai kemudian dibentuk dengan cara dimasukan dalam paping bag.
  6. Adonan kemudian dicetak di atas loyang dengan bentuk lidah kucing. Pembentukan kue kering lidah kucing pada loyang sebaiknya diberi sedikit jarak.
  7. Setelah kue sudah dibentuk dengan sempurna, keju parut kemudian di tabur di atas kue hingga merata.
  8. Langkah selanjutnya yang dilakukan yaitu dengan memasukkan kue kering lidah kucing ke dalam oven. Waktu pemanggangan kurang lebih 20 menit dengan suhu sekitar 160 derajat celcius.
  9. Jika kue kering lidah kucing sudah matang, selanjutnya yang perlu dilakukan yaitu mengangkat kue kering dan letakkan di dalam toples.

Kue kering lidah kucing sudah dapat disajikan dan dimakan bersama keluarga, atau sekadar cemilan untuk bersantai sendiri. Resep Kue Kering Lidah Kucing ini dapat anda variasi sendri dirumah sesuai selera anda. Ekstrak vanila, atau rasa lainnya dapat dijadikan bahan tambahan untuk membuat rasa dari kue kering lidah kucing menjadi lebih enak dan lezat. 

Bagaimana? Apakah anda sudah tertarik untuk mencoba membuat dan menghadirkan kue kering lidah kucing susu ini di rumah anda masing-masing ya..
jangan lupa bagi cerita anda di komentar dibawah ini ya..


0 comments:

Post a Comment