Ads

Sunday, September 11, 2016

RESEP GULAI KEPALA KAMBING

GULAI KEPALA KAMBING, Menjadi suguhan spesial bagi umat muslim, bertepatan dengan Hari Raya ‘Idul Adha, dimana kambing dan sapi atau kerbau menjadi bagian penting di hari tersebut. 
Hari Raya ‘Idul Adha, atau biasa disebut dengan hari raya qurban, baik itu qurban kambing, sapi atau kerbau.
Begitu pula dengan kepala kambing yang akan sangat cocok disajikan sebagai hidangan spesial di hari raya ‘Idul Adha ini. Apalagi diolah menjadi gulai dengan kuah santan yang gurih, disantap dengan nasi hangat serta tambahan sambal. Akan tetapi yang menjadi catatan adalah karena olahan daging kambing cukup mengandung kolesterol sehingga jangan terlalu banyak menyantapnya. 
Dan kami dari Kreasimasakansederhana akan menyajikan cara mengolah kepala kambing dengan Resep Gulai Kepala Kambing berikut :

gulai kepala kambing
Bahan :
1.    1 Kepala kambing utuh
2.    4 Butir Cengkeh
3.    2 Ruas kayu manis
4.    2 Butir pala
5.    5 Iris lengkuas
6.    2 Butir pekak
7.    6 Lembar daun salam
8.    5 Lembar daun jeruk
9.    3 Buah asam jawa
10.  Daun pepaya untuk membungkus potongan kepala kambing
11.  Air perasan jeruk/nanas
12.  1.000 ml santan encer
13.  1.000 ml santan kental
14.  Minyak untuk menumis bumbu secukupnya
Bumbu halus resep kepala kambing:
1.    10 Siung bawang putih
2.    10 Siung bawang merah
3.    2 Ruas kunyit
4.    2 Ruas jahe
5.    1/2 sdm Ketumbar
6.    1/2 sdm merica
7.    Garam secukupnya
8.    Gula pasir secukupnya

Cara membuat Resep Gulai Kepala Kambing:
1.    Bakar kepala kambing utuh hingga bulu-bulu di kepala kambing bersih.
2.    Potong kecil-kecil bagian kepala kambing kecuali bagian gigi, (giginya dibuang), kemudian baluri dengan air perasan jeruk nipis agar bau prengusnya hilang.
3.    Bungkus potongan kepala kambing dengan daun pepaya dan rebus potongan tersebut di air mendidih hingga empuk, kurang lebih 1 jam.
4.    Panaskan minyak dalam wajan kemudian tumis bumbu halus, hingga kering kemudian masukkan sereh, daun salam, daun jeruk, lengkuas, cengkeh, kayu manis, dan pala,pekak dan kapulaga, aduk rata hingga matang kemudian matikan api.
5.    Masukkan bumbu yang telah ditumis ke dalam rebusan potongan kepala tadi, aduk rata.
6.    Masukkan Santan perlahan dan terus diaduk hingga merata dan mendidih, Angkat dan siap disajikan dengan tambahan bawang goreng serta sambal.



Demikian Resep Membuat Gulai Kepala Kambing yang sangat cocok menjadi referensi bagi anda di momen spesial hari raya ‘Idul Adha ini. Untuk selera gulai penikmat pedas bisa juga ditambahkan dengan cabe yang dihaluskan. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat..Slamat hari raya Idul Adha..


0 comments:

Post a Comment