Ads

Thursday, September 29, 2016

KERUPUK WORTEL ENAK GURIH

Kerupuk. Siapa yang tak pernah dengar nama makanan kriuk yang satu ini, dan yang biasa disebut dengan nama Kerupuk. Kerupuk menjadi salah satu makanan yang difavoritkan banyak orang. Mulai dari kalangan muda, anak-anak, hingga dewasa pun banyak yang berminat sekali mengonsumsi kerupuk ini. Krupuk, kini banyak dibuat dengan lebih beragam. Salah satu ragam kerupuk yang harus anda coba, adalah Kerupuk Wortel Enak Gurih ini. Wortel bukan hanya enak ketika digunakan sebagai pelengkap dalam makanan, didalamnya ternyata wortel bisa juga dijadikan kerupuk. Berikut kami berikan resep singkat untuk membuat hidangan gurih ini.
 
KERUPUK WORTEL ENAK GURIH

Bahan :

  • Wortel 1 Kg
  • Tepung terigu
  • Gula 50 gram
  • Garam 1 ons
  • Bawang putih ½ ons
  • Bawang merah ½ ons
  • Penyedap rasa 20 gram
  • Ketumbar secukupnya
Cara pembuatan :
  1. Cara pertama yang harus dilakukan untuk membuat kerupuk wortel adalah dengan mengupas wortel yang telah disediakan.
  2. Selanjutnya, jika wortel telah dipastikan bersih, maka anda bisa merebus wortel tersebut hingga lunak.
  3. Langkah berikutnya, adalah dengan membuat wortel menjadi bubur. Anda bisa melakukannya dengan cara menumbuk wortel atau bisa pula dengan menggunakan blender.
  4. Campur tepung tapioka yang telah disiapkan sebelumnya, dengan bumbu- bumbu lain serta wortel yang telah dijadikan bubur hingga membentuk adonan. Agar bumbu dan bubur wortel bisa tercampur merata, maka anda bisa mencampur bumbu dan bubur wortel dengan menguleninya.
  5. Resep kerupuk wortel yang berikutnya adalah dengan dengan mencetak adonan ke dalam plastik bulat. Lalu kukus kurang lebih selama 1 jam.
  6. Jika proses mengukus telah selesai, maka agar adonan bisa dipotong dengan mudah, maka sebaiknya anda mengangin- anginkannya kurang lebih 24 jam.
  7. Proses pemotongannya bisa anda lakukan dengan ketebalan 1-2 mili lalu jemur pada terik matahari hingga benar- benar kering. Kemas lalu goreng dan sajikan.

Kerupuk wortel ini bisa anda jadikan sebagai kerupuk pelengkap pada saat makan nasi, namun bisa pula digunakan sebagai cemilan yang mengisi waktu luang kita.
Sampai jumpa lagi di lain waktu. Slamat mencoba..

0 comments:

Post a Comment