Ads

Saturday, September 17, 2016

RESEP KUE TALAM HIJAU PUTIH

Siapa yang tidak mengenal kue talam? Kue yang biasanya memiliki dua warna putih dan hijau ini adalah salah satu kue tradisional yang dapat kita jumpai di mana saja. Selain memiliki bentuk yang indah, kue talam juga memiliki rasa yang manis dan struktur kue yang lembut saat di makan. Oleh karena itu tidak aneh jika masih banyak orang yang mencari resep kue talam hijau ini untuk dibuat di rumah.
bagi anda penikmat kue talam. Kali ini kami sajikan resep cara pembuatan Kue Talam Hijau Putihyang enak dan lezat. Yuk simak resep dibawah ini :

kue talam hijau putih

Bahan Dasar Hijau-Putih dalam Resep Kue Talam Hijau Putih
Untuk bahan-bahan yang dibutuhkan dalam membuat kue talam dibagi menjadi dua yaitu bahan hijau dan bahan putih.

Bahan hijau :

§  Tepung protein sedang 200 gr
§  Gula pasir 200 gr
§  Tepung kanji 60 gr
§  Kelapa parut yang sudah dijadikan santan 197 gr
§  Garam 1/2 sdt
§  Vanili 1/2 sachet
§  Daun pandan yang sudah dibelender dengan 1-2 lembar daun
§  Pewarna hjau muda dan tua secukupnya

§  Bahan putih :
§  Tepung beras 60 gr
§  Tepung kanji 68 gr
§  Garam 1/3 sdt
§  Kelapa parut yang dijadikan santan 500 gr

Cara membuat kue talam adalah :

1.       Pertama kita akan membuat adonan hijau. Campurkan tepung, garam, tepung kanji dan gula dalam satu wadah kemudian aduk hingga rata. Tambahkan juga vanili ke dalam adonan.
2.       Panaskan santan, campurkan hasil dari daun pandan yang sudah di blender setelah itu tambahkan juga pewarna hijau secukupnya.
3.       Tuangkan santan yang sudah ditambah dengan pewarna ke dalam adonan tepung bahan hijau lalu aduk hingga rata. Terakhir tuangkan ¾ ke dalam cetakan talam dan kukus selama 10 menit.
4.       Selagi menunggu adonan hijau matang panaskan santan untuk bahan putih hingga hangat, setelah itu tuangkan santan pada tepung bahan putih dan aduk hingga rata. Sisakan setengan santan dari bahan putih dan panaskan kembali hingga lebih panas dari sebelumnya dan tuangkan ke adonan putih dan aduk.
5.       Setelah adonan hijau matang tuangkan adonan putih ke atasnya dan kukus kembali selama 10 menit.
6.       Setelah 10 menit angkat kue dan sajikan sesuai dengan selera dan kreasi anda sendiri.


Membuat resep kue talam hijau putih bukan hal yang sulit jika anda mengikuti cara memasak yang benar. Jika anda masih belajar membuat kue talam, anda dapat memodifikasi resep di atas agar tidak menggunakan bahan terlalu banyak. Kue talam cocok dinikmati saat sedang bersantai bersama keluarga, agar lebih nikmat lagi anda dapat menyeduh teh untuk diminum setelah makan kue talam. Kue talam hijau putih yang mudah dibuat ini dapat anda buat sendiri di rumah tanpa harus membeli kue talam di pasar.
silahkan mencobanya dirumah..

0 comments:

Post a Comment