Ads

Wednesday, September 14, 2016

JENGKOL BALADO GURIH GURIH NYOY

Jengkol merupakan bahan masakan yang bisa dibilang tidak semua orang menyukainya karena aroma jengkol yang kurang sedap. Namun walau begitu, rasa dari masakan yang satu ini tidak perlu anda pertanyakan lagi kelezatannya. Resep jengkol balado tentu tidak kalah enaknya dengan rendang jengkol yang telah kondang dengan rasanya yang lezat.
Cara memasak masakan yang satu inipun tergolong simple dengan bahan- bahan yang mudah dicari. Jika anda tertarik ingin mengolah jengkol untuk dijadikan masakan yang lezat maka resep jengkol kami yang satu ini tidak boleh anda lewatkan.
Berikut resep jenkol balado gurih nyoy :

jengkol balado gurih gurih nyoy

Bahan- bahan yang diperlukan :
• 350 gr jengkol, direndam dalam air semalam.
• Rebus hingga mendidih, untuk mengurangi bau.

Bumbu halus :
– Jahe 3cm
– Bawang putih 5 siung
– Bawang merah 8 butir
– Lengkuas 3cm
– Cabai merah keriting 10 buah

Bumbu lain :
– Air 300 ml
– Serai 1 batang, memarkan
– Daun jeruk 3 lembar
– Gula pasir ½ sdm
– Garam secukupnya
– Kecap manis 2 sdm

Cara pembuatan jengkol balado gurih gurih nyoy :

1. Langkah pertama adalah dengan cara merebus jengkol. Tunggu hingga jengkolnya empuk. Angkat. Tiriskan lalu kupas jengkol
2. Selanjutnya kepruk jengkol hingga agak tipis.
3. Panaskan minyak ke dalam wajan dengan api yang sedang lalu goreng jengkol hingga setangah matang. Supaya tidak keras saat di makan lalu sisihkan
4. Langkah berikutnya adalah dengan cara menumis bumbu halus serta bumbu yang lain. Tunggu hingga tercium bau yang harum dan bumbu matang. Masukkan jengkol. Aduk merata lalu tambahkan air serta kecilkan api.
5. Masak hingga airnya mengering atau habis. Angkat
6. Sambal jengkol rasa balado telah siap untuk disantap


Resep cara membuat jengkol balado gurih gurih nyoy di atas mempunyai rasa pedas yang terasa cocok di lidah. Selain itu bagi anda yang gemar mengonsumsi makanan dengan rasa balado maka resep jengkol balado gurih gurih nyoy menjadi salah satu alternatif makanan yang bisa anda perhitungkan.
Selamat mencoba..

0 comments:

Post a Comment