Ads

Wednesday, March 22, 2017

RESEP SAYUR SANTAN PEDAS NANGKA MUDA / SAYUR TEWEL

           Pagi sahabat kuliner,,, jumpa lagi di buku resep kreasi masakan sederhana kami hari ini. Oke, Hari ini tepat sekali saat fresh nya  udara pagi dan cerahnya sinar mentari, nikmati suasana pagi, sepertinya cocok sekali untuk mengisi sarapan pagi dengan yang berseri seri,,hehe..ok.

Nah.. membahas tentang sarapan, pastinya menyatu dengan cita rasa dan aroma khas tersendiri dari suatu hidangan tersebut ya tentunya. Hidangan khas Indonesia, rasanya tidak akan ada habisnya jika dijabarkan satu persatu. Dengan sebutan negara yang kaya akan rempah-rempahnya, Indonesia memiliki banyak sekali bermacam hidangan khas berbahan dasar rempah di tiap daerahnya. Dimana makanan dan masakan dari masing-masing daerah memiliki keunikan tersendiri. Meskipun terkadang makanan tersebut memiliki persamaan dengan makanan daerah lainnya, namun yang membedakan adalah citra rasa dan aroma khas yang tercipta dari makanan itu sendiri.

Menu masakan kami kali ini yaitu Sayur Santan Pedas Nangka Muda/Sayur Tewel dari judulnya saja bikin penasaran ya? Seberapa pedas sih? Kali ini olahannya berbeda dari biasanya, dan pastinya hanya dalam sekali suapan anda akan merasa ketagihan karena rasa pedasnya yang menggoda iman. Hehe,, Nah.. jika anda ingin mencoba sensasi nikmatnya dari sayur nangka muda yang dibanjiri kentalnya air santan kelapa dan pedasnya cabe merah, anda bisa langsung membuatnya di rumah dan disantap bersama keluarga pecinta pedas yaa.

Resep dan cara membuat sayur santan pedas nangka muda / tewel yang satu ini sangatlah sederhana sekali, pada dasarnya resepnya hampir sama dengan sayur lodeh pada umumnya. Ketika membuatnya anda tidak akan kesultan, karena mungkin anda sudah terbiasa membuat sayur lodeh. Namun jika anda masih merasa kebingungan, tidak ada salahnya jika anda menyimak resep dan cara membuat sayur santan pedas nangka muda dengan cita rasa pedas yang akan kami sajikan khusus untuk anda. Simak resepnya berikut ini yaa..

 
Sayur Santan Pedas Nangka Muda



Bahan Utama Sayur Santan Pedas Nangka Muda :
  • 250 gr nangka muda
  • 10 biji cabe kecil pedas atau sesuai selera
  • 1 tangkai serai
  • 3 cm lengkuas
  • 2 lembar daun salam
  • 1000 ml santan kental
  • 500 ml air

Bumbu Sayur Santan Pedas Nangka Muda :
  • 6 siung bawang merah
  • 3 siung bawang putih
  • 3 butir kemiri
  • ½ sdm ketumbar
  • 4 sdt garam atau sesuai selera
  • 1 sdt gula pasir atau sesuai selera
  • 1 cabe merah besar
  • 5 cabe kecil atau sesuai selera


Cara Membuat Sayur Santan Pedas Nangka Muda/Sayur Tewel :
1.     Pertama, menyiapkan Bahan dan Bumbu Sayur Santan Pedas Nangka Muda
2.     Kedua, potong nangka muda yang telah disiapkan dengan ukuran sesuai selera. Rebus sebentar hingga terasa empuk, lalu angkat dan tiriskan.
3.     Geprek lengkuas dan juga serai.
4.     Haluskan bumbu seperti bawang merah, bawang putih, kemiri, ketumbar, cabe merah dan cabe kecil.


Cara Memasak Sayur Santan Pedas Nangka Muda/Sayur Tewel :
1.     Langka pertama, didihkan air didalam panci/wajan yang berukuran tanggung, masukan bumbu yang telah dihaluskan hingga terasa aroma sedapnya, lalu masukkan nangka muda yang telah direbus empuk.
2.     Setelah itu, tambahkan serai, santan kental, daun salam, lengkuas, dan cabe ungkul untuk tambahan pedasnya. Masak hingga semuanya menjadi lunak.
3.     Tambahkan penyedap rasa, garam dan gula pasir secukupnya. Aduk semua bahan dengan rata, masak hingga mendidih dan matang.
4.     Jika sudah matang, angkat lalu sajikan.
5.     Sayur Santan Pedas Nangka Muda siap untuk dihidangkan.


Citra rasa yang begitu kuat dari santan serta komposisi bahan yang lainnya akan semakin membuat Sayur Santan Pedas Nangka Muda yang satu ini menjadi lebih istimewa. Rasanya yang begitu enak, terasa pedas, dan mampu memikat banyak penggemar, terutama bagi pecinta masakan Pedas,, terlebih lagi dengan kuah santan gurih yang melengkapinya. Sayur tewel Sebenarnya memiliki banyak sekali jenis ragamnya. Dimana seluruh masyarakat meyakini bahwa sayur ini berasal dari daerah jawa yang biasa disebut dengan nama (Jangan Tewel). Namun sayur tewel ini pun bermunculan diberbagai daerah dengan ciri khas dan keunikan tersendiri.


Naah,, bagaimana dengan penjabaran resep kami diatas? Anda tertarik untuk mencobanya? Itulah resep dan cara mengolah nangka muda menjadi suatu hidangan yang nikmat. Sayur santan pedas nangka muda yang satu ini akan lebih nikmat lagi jika disajikan dalam keadaan hangat. Sangat mudah bukan? Selamat mencoba dan bagikan resep ini kepada orang-orang terdekat anda. Silahkan isi komentar anda dibawah ini yaa,, Slamat beraktifitas.. ^^

0 comments:

Post a Comment