Ads

Monday, December 5, 2016

RESEP DONAT KUKUS COKLAT LEMBUT

      Donat, siapa yang tak kenal dengan kue yang satu ini? Kue berbentuk bundar, rasanya empuk. Iya kue Donat. Kue Donat  merupakan salah satu kue yang di gemari hampir oleh setiap orang di belahan dunia, kue donat juga merupakan salah satu kue basah yang punya ciri khas lubang di tengah lingkaran, pada umumnya donat di olah dengan cara di goreng, lalu di tambahkan kreasi pelengkap agar rasa dan tampilannya menjadi lebih menarik, namun pernahkah anda mencoba membuat donat dengan cara di kukus?

Cara pengolahannya hampir sama dengan donat yang di goreng namun penglahan akhirnya saja yang berbeda, adonan yang sudah jadi, didiamkan selama 30 menit sampai mengembang, lalu kukus diatas api sedang selama 15 menit,  penasaran? Caranya cukup mudah, langsung saja simak yuk cara pembuatan agar bisa langsung praktek dirumah dan apa saja bahan bahannya berikut ini :

DONAT KUKUS COKLAT LEMBUT 


Bahan-Bahan Kue Donat:

·         300 gram tepung terigu
·         60 gram maizena
·         1/2 sendok teh baking powder
·         2 sendok teh ragi instan
·         25 gram susu bubuk
·         75 gram gula pasir
·         1 sendok teh garam
·         30 gram mentega putih
·         175 ml air es
·         1/4 sendok teh cokelat pasta

 

Bahan Toping Donat:

·         25 gram cokelat masak pekat
·         150 gram cokelat masak putih

 

Cara Membuat Donat Kukus Coklat, Mempersiapkan Bahan dan Peralatan dalam pembuatan Kue Donat Kukus Coklat  Lembut :

1.   Untuk yang pertama bisa dilakukan dengan mempersiapkan bahan dan peralatan yang akan dibutuhkan untuk membuat adonan kali ini. Beberapa peralatan yang akan anda butuhkan kali ini diantaranya adalah sebuah baskom, panci untuk mengukus, beberapa wadah untuk menampung adonan dan sebuah piring saji. Dengan mempersiapkan peralatan ini maka nantinya anda akan dapat membuat adonan dengan lebih mudah dan lebih sederhana.

2.   Setelah selesai dengan peralatan, silahkan lanjutkan dengan menyiapkan kukusan panci diatas api kecil dan tunggu atau biarkan panci menjadi lebih panas sementara anda menunggu membuat adonan donat.

3.   Untuk membuat adonan donat bisa dilakukan dengan mempersiapkan baskom dekat dengan jangakauan anda dan masukkan beberapa bahan kedalamnya seperti tepung tergu, tepung mazeina, ragi instan, baking powder, susu bubuk dan juga gula pasir. Akan tetapi terlebih dahulu silahkan ayak bahan ini dengan menggunakan saringan secara merata.

4.   Bila sudah selesai lanjutkan dengan memasukkan air es kedalamnya sambil menguleni adonan sampai kalis atau tidak lengket ditangan.

5.   Masukkan mentega putih bersama dengan garam, lalu uleni kembali adonan degan menggunakan tangan sampai tekstur dari adonan menjadi lebih elastis secara merata. Bila sudah selesai silahkan tambahkan dengan pasta cokelta dan uleni kembali hingga semua bahan tercampur secara merata. Setelah itu, diamkan adonan dalam wadah selama kurang lebih 30 menit agar adonan menjadi lebih mengembang secara merata.

6.   Kempiskan adonan dengan mengguankan tangan, lalu timbang masing-masing adonan dengan menggunakan timbangan sebanyak masing-masing 40 gram. Bulatkan dan pipihkan dengan perlahan. Setelah itu, lubangi bagian tengahnya dengan menggunakan cetakan.

7.   Letakkan adonan yang sudah dicetak diatas loyang yang sudah diberikan dengan taburan tepung terigu. Hal ini dimaksudkan agar nantinya adonan tidak lengket pada saat akan dikukus atau saat hendak diangkat dari loyang.

8.   Bila sudah selesai, silahkan diamkan selama kurang lebih 45 menit dan alasi masing-masing adonan yang telah dicetak dengan menggunakan kertas roti.

9.   Masukkan adonan kedalam kukusan dan kukus selama kurang lebih 12 menit sampai mengembang dan matang secara merata.

 

Cara Membuat Bahan Topping Donat Kukus Coklat Lembut :

1.   Untuk membuat toping lakukan dengan melelehkan coklat masak putih diatas panci sampai bahan ini meleleh secara merata.

2.   Selanjutnya, silahkan serut bahan coklat masak lainnya dengan menggunakan serutan dan sisihkan dalam wadah.

3.   Angkat dari kukusan dan celupkan donat dalam coklat leleh lalu taburi dengan coklat parut yang sudah dibuat.

Cemilan dengan bentuk simple dan sederhana tetapi banyak disukai orang. Kue ini memiliki bentuk khas yaitu bulat sepeti ring dengan lubang di bagian tengahnya. Selain itu donat juga merupakan makanan praktis yang dapat dijadikan bekal ke mana saja seperti bekal anak saat akan berangkat ke sekolah atau bekal saat akan bepergian. Tak jarang juga donat dinikmati sebagai penunda lapar karena memang cukup padat dan mengganjal perut saat lapar mulai melanda seperti halnya roti.
Demikian resep singkat kue dari kami. Jangan lupa bagikan resep ini dan berikan pula komentar anda dikolom komentar dibawah ini.

Slamat mencoba,, semoga bermanfaat,,

0 comments:

Post a Comment