Ads

Tuesday, November 22, 2016

RESEP KUE BUGIS KETAN

Bertemu lagi dengan resep kue dari kami...  kali ini kami menyajikan esep kue dari salah satu jenis kue tradisional yang memiliki tekstur sangat kenyal, lembut dan memiliki citarasa manis yang pas juga sampai saat ini masih sering dibuat dan disajikan hampir disetiap keluarga, yaitu Kue Bugis Ketan Lembut. apa itu kue Bugis ? Kue Bugis adalah kue basah yang terbuat dari bahan dasar tepung beras yang diolah kemudian bagian dalamnya biasa diisi dengan gula merah dan kelapa parut.

Resep dan cara pembuatan kue bugis ini sangat mudah sekali dan juga dapat dibuat dengan menggunakan bahan dasar ketan putih ataupun ketan hitam hitam sesuai selera anda, karena akan tetap menghasilkan rasa kue yang sama-sama enak hanya saja memiliki perbedaan warna dari struktur kue tersebut.

Kue bugis juga merupakan salah satu kue tradisional yang memiliki cita rasa sedap, lembut dan sangat mudah sekali dibuat. Sebenarnya kue yang satu ini hampir sama dengan kue klepon, hanya saja yang membedakan yaitu di bagian ukuran serta bentuknya. Berikut  kami sajikan resep dan cara membuat kue bugis ketan yang enak dan sedap, langsung saja yuk simak resepnya dibawah ini :

 
KUE BUGIS KETAN

Bahan Utama Kulit Kue Bugis Ketan :

·         200 gram tepung ketan
·         100 ml santan yang diambil dari sebutir kelapa
·         Gula pasir secukupnya

 

Bahan Isi Kulit Kue Bugis Ketan :

·         200 gram kelapa parut yang diambil dari sebutir kelapa
·         1 lembar daun pandan
·         100 gram gula merah

Cara Membuat Isi Kue Bugis Ketan :

1.   Pertama, siapkan wadah dengan ukuran secukupnya yang akan digunakan untuk mengolah adonan isi.
2.   Jika wadah sudah siap, masukan kelapa yang sudah diparut yang anda siapkan. Lalu campurkan bersama dengan gula merah, daun pandan dan air. Aduk sampai merata.
3.   Tuangkan tepung ketan yang sudah anda siapkan. Lalu uleni sampai kalis. Ambil sedikit demi sedikit adonan isi, bentuk bulat.

 

Cara Membuat Kulit Kue Bugis Ketan :

1.   Siapkan kembali wadah yang akan digunakan untuk membuat adonan kulit. Anda bisa menggunakan wadah berukuran sedang.
2.   Jika wadah sudah siap, masukan tepung ketan bersama dengan gula pasir. Aduk merata.
3.   Tambahkan santan sedikit demi sedikit sambil diuleni sampai kalis.

 

Cara Membuat Kue Bugis Ketan :

1.   Ambil sedikit adonan isi yang telah selesai anda buat tadi. Lalu pipihkan adonan kulit tersebut.
2.   Ambil adonan isi yang telah dibentuk bulat. Lalu simpan di atas permukaan adonan kulit, lalu bungkus adonan isi tersebut dengan menggunakan adonan kulit. Lakukan langkah yang sama untuk adonan-adonan lainnya
3.   Siapkan alat-alat yang akan dugunakan untuk mengukus. Lalu kukus semua adonan yang sudah dibentuk tadi selama kurang lebih 15 menit atau sampai benar-benar matang. Jika sudah matang, anda bisa langsung mematikan kompor dan diamkan sampai kue bugis hangat.
4.     selanjutnya, anda bisa langsung mengangkatnya dan sudah siap untuk disajikan di atas piring saji.

Kue basah yang satu ini tentu saja dapat mengganjal perut anda yang sedang lapar karena dapat mengenyangkan. Kue ini sangat cocok disajikan ketika sarapan pagi yang dipadukan teh hangat.

Demikian resep dan cara membuat kue bugis ketan yang lembut dan sedap. Yuk bagikan resep dan cara membuat kue bugis ketan ini kepada teman dan sahabat anda.
Salamat mencoba semoga bermanfaat..


0 comments:

Post a Comment