Ads

Wednesday, November 2, 2016

RESEP SAYUR KACANG MERAH SEDERHANA

          Sayur Kacang Merah merupakan salah satu jenis hidangan sayur yang memiliki cita rasa yang sangat khas karena terdapat  rasa asam, gurih dan tentunya sangat enak untuk dinikmati karena berbahan dasar dari tumbuhan alam yang menghasilkan kacang merah.
Olahan dari kacang jenis kacang merah ini biasanya sering dijumpai di tanah sunda (jawa barat), Bagi anda yang berasal dari daerah Jawa Barat khususnya daerah Sunda tentunya sudah tidak asing lagi dengan sayur yang satu ini. Selain enak sayur kacang merah pun akan sangat menyegarkan ketika disantap serta mudah untuk dibuat. Nah..Kali ini kami sajikan resep dan cara membuat sayur kacang merah khas Jawa Barat. Yuk ikuti langkah langkah mudahnya berikut ini :
SAYUR KACANG MERAH SEDERHANA


Bahan Utama Sayur/Angeun Kacang Merah Khas Jawa Barat:

·         200 gram kacang merah segar
·         ml air

Bumbu Sayur/Angeun Kacang Merah Khas Jawa Barat :

·         3 cm lengkuas
·         1 buah tomat merah
·         2 lembar daun salam
·         2 buah cabai merah keriting
·         5 butir bawang merah
·         3 siung bawang putih
·         1 sendok teh gula merah atau secukupnya
·         1 sendok makan garam atau secukupnya
·         2 batang daun bawang

Cara Menyiapkan Bahan dan Bumbu Sayur/Angeun Kacang Merah Khas Jawa Barat :

1.            Pertama-tama langkah yang harus dilakukan yaitu, cuci bersih kacang merah yang telah anda siapkan.
2.            lalu, potong tomat dengan arah memanjang.
3.            Setelah itu memarkan lengkuas.
4.            Lalu iris tipis bawang merah dan bawang puth.
5.            Kemudian, iris tipis cabai merah keriting. Lalu iris daun bawang dengan arah menyerong.

Cara Memasak Sayur/Angeun Kacang Merah Khas Jawa Barat:

  1. Dalam tahap memasak, langkah pertama yang harus dilakukan yaitu masukan air yang telah anda siapkan ke dalam panci yang akan digunakan untuk memasak.
  2. Setelah itu rebus kacang merah, daun salam dan lengkuas. Rebus kacang merah sampai empuk dan tercium aroma harum dari daun salam dan lengkuas.
  3. Jika sudah seperti itu, masukan bawang merah, bawang putih, tomat dan cabai merah. Aduk sampai semuanya menjadi layu.
  4. Kemudian tambahkan bumbu seperti gula merah dan garam. Aduk merata sampai bumbu menjadi larut. Masak kembali sampai semua bahan benar-benar matang.
  5. Menjelang diangkat, masukan daun bawang yang telah diiris. Aduk merata dan biarkan sebentar. Setelah itu angkat dan sajikan pada mangkuk saji yang telah anda siapkan.
Proses memasak sayur kacang merah ini cukup sederhana dan praktis. Walaupun belum pernah memasaknya tetapi dijamin anda tidak akan kesulitan. Sayur kacang merah ini bisa anda santap dalam keadaan hangat bersama dengan nasi putih hangat.
Itulah resep dan cara membuat Sayur Kacang Merah Sederhana. Sangat praktis bukan? Selamat mencoba dirumah dan jangan lupa untuk membagikan resep ini kepada sahabat atau orang yang ada di sekitar anda..

Sampai jumpa di resep kami lainnya..

0 comments:

Post a Comment