Ads

Wednesday, November 16, 2016

RESEP SOP BUNTUT GORENG

Sup Buntut Goreng, siapa sih yang tidak mengenal makanan tradisional yang banyak diminati pecinta kuliner yang satu ini ? iya mungkin karena rasanya yang khas Nusantara yang dilengkapi dengan bumbu rempah nya, dan dipadukan dengan kuah bening yang gurih serta khas dari aroma buntut sapi goreng nya, pasti siapapun yang melihatnya akan langsung tergiur dan rasa lapar yang menggoda. Karena memang kelezatan Sup Buntut Goreng ini memang sudah banyak digandrungi oleh para pecinta kuliner di Indonesia. Membuat sup buntut goreng ini sudah menjadi menu andalan dan hampir dapat ditemukan di setiap jajanan kuliner ataupun lesehan dengan banyak kreasi yang beragam. Berikut adalah resep mengolah buntut sapi menjadi Sop Buntut Goreng yang enak dan lezat

Berikut kami sajikan cara pengolahan dan langkah-langkah untuk membuatnya, dijamin tidak kalah lezat dengan Sup Buntut Goreng yang biasa anda temukan di warung pinggir jalan. Langsung saja yuk simak resepnya dibawah ini :

SOP BUNTUT GORENG

Bahan – bahan Sop Buntut Goreng :
  • 750 gram buntut sapi, potong menururt ruasnya
  • 2000 ml air
  • 2 batang seledri, simpulkan
  • 2 buah bawang Bombay, belah membujur 6 bagian
  • 2 sdm margarin
  • 3 sdm minyak
  • 200 gram wortel, kupas, potong melintang 2 cm
  • 2 sdt garam
  • 1 sdt merica bubuk
  • 2 cm biji pala
  • 3 buah cengkeh
  • 2 batang daun bawang, potong melintang 2 cm

Cara membuat Sop Buntut Goreng :
  1. Masukkan buntut sapi, seledri dan bawang Bombay ke dalam panic berisi air. Rebus hingga daging empuk. Angkat buntutdan tiriskan. Sisihkan kaldu.
  2. Panasakan margarin dan minyak. Goreng buntut sebentar. Angkat. Tiriskan. Sisihkan.
  3. Jerang kaldu di atas api. Masukkan wortel. Tambahkan garam, merica, pala, dan cengkih. Masak sambil sesekali diaduk hingga mendidij dan wortel matang.
  4. Masukkan daun bawang. Masak dan aduk sebentar. Angkat.


Seperti yang kita ketahui bahwa bahan dasar dari Sop tersebut adalah buntut Sapi , sayuran seperti wortel, kentang dan tomat. Dari buntut sapinya saja sudah mengandung kalori, protein , karbohidrat , lemak, kalsium,fosfor dan zat besi. Belum lagi sayuran seperti Wortel yang mengandung vitamin A, berfungsi sebagai ( sayuran anti kanker, jantung lebih sehat, betakarotin untuk mata dan sebagainya), Lalu Kentang yang mengandung vitamin C dan B Kompleks yang bermanfaat untuk (Meningkatkan sistem kekebalan pada tubuh, menurunkan tekanan darah, mengoptimalkan fungsi otak dan membantu menurunkan berat badan) dan Tomat mengandung Vitamin C dosis tinggi sehingga dapat (meremajakan kulit, menormalkan tekanan darah,mencegah sembelit dan juga depresi).
Jadi tidak heran jika Sop Buntut adalah kuliner yang selain enak, tetapi juga mengandung gizi tinggi untuk di konsumsi dan mengandung banyak sekali manfaat bagi tubuh.


Langkah dan proses pembuatannya yang mudah akan membuat resep sop buntut goreng ini menjadi salah satu resep favorit Anda di rumah bersama keluarga tercinta tentunya.
Jangan lupa menyantapnya harus selagi hangat serta ditemani oleh nasi putih hangat.

selamat mencoba dan smoga bermanfaat..

sampai jumpa diresep kami lainnya...

0 comments:

Post a Comment