Ads

Monday, October 17, 2016

RESEP DONAT SINGKONG EMPUK MANIS

Donat adalah kue kecil mungil yang berbahan dasar dari tepung terigu, berbentuk bulat dengan lubang dibagian tengahnya dan disukai oleh kalangan penikmat kue untuk semua umur ini sudah menjadi ciri khas bagi tampilan jajanan pasar yang biasa disebut dengan nama Donat.
Donat yang sering kita temui di pasar, pinggir jalan, dan seiring dengan banyaknya  inovasi dari sajian jajanan, kini sudah banyak dibuat dengan berbagai suguhan rasa yang diolah dengan olahan bahan dasar yang tidak selalu sama. Jika biasanya anda membuat kue donat dari bahan utama tepung terigu saja, kali ini anda bisa mengkreasikan dan mengkombinasikannya dengan singkong. Ya, singkong yaitu tumbuhan yang memiliki akar berdaging besar dan dapat diolah menjadi berbagai olahan makanan. Proses pembuatan donat dengan kombinasi singkong ini sangat mudah sekali, hanya saja anda harus mengkukusnya terlebih dahulu kemudian menghaluskannya dan mencampurkannya dengan bahan-bahan yang biasa digunakan pada pembuatan adonan kue donat. Langsung saja yuk simak resep jajanan donat yang satu ini :

DONAT SINGKONG EMPUK MANIS

Bahan-bahan :
  • Singkong 350 gram
  • Telur ayam 2 butir
  • Tepung terigu 350 gram
  • Susu bubuk 5 sdm
  • Baking powder 1 sdt
  • Gula halus 5 sdm
  • Ragi instant 1 sdm
  • Margarine 100 gram
  • Air bersih 100 ml
  • Minyak goreng secukupnya
  • Taburan gula tepung halus secukupnya

Cara Membuat Donat Singkong Empuk Manis

  1. Untuk mengolah singkong menjadi adonan kue donat, mula-mula bersihkan singkong dari kulit tebalnya lalu bilas dengan air agar kotornya hilang.
  2. Kemudian masak singkong yang sudah dibersihkan dan tanpa kulitnya ini dengan cikukus hingga tekturnya terasa empuk dan matang.
  3. Setelah dirasa sudah empuk dan matang baru kemudian keluarkan singkong kukus dan taruh dalam dulang atau wadah yang digunakan khusus menumbuk. Tumbuk singkong kukus sampai menjadi halus.
  4. Selanjutnya singkong yang sudah ditumbuk halus dicampurkan dengan telur ayam, tepung terigu, susu bubuk, baking powder, gula halus, ragi instan, margarine, dan air. Aduk merata hingga kalis dan menjadi adonan kue donat.
  5. Berikutnya adonan kue donat singkong ini dibuat bulat dengan membiarkan bagian tengahnya bolong seperti kue ali besar. Kemudian simpan dalam wadah dan tunggu hingga setengah jam lamanya agar dapat mengembang dan membesar.
  6. Dan terakhrit, goreng donat sngkong yang sudah mengembang dalam genangan minyak goreng panas hingga matang. Bolak balik posisi donat singkong saat penggorenganagar matang merata. Angkat dan tiriskan sampai minyak goreng yang terbawa dengan donat singkong mengering lalu taburi dengan tepung gula halus dan suguhkan.
Bagimana ? mudah bukan membuat jajanan pasar murah meriah yang satu ini..kini giliran anda mencobanya dirumah.. Donat Singkong Empuk Manis siap menjadi hidangan camilan anda yang enak, mudah, dan praktis. Demikian sajian resep kue simple dari kami..
Salamat mencobanya dirumah dan semoga bermanfaat..
sampai jumpa di resep kami lainnya..


0 comments:

Post a Comment