Ads

Monday, October 24, 2016

RESEP MEMBUAT PUDING LABU KUNING

           Labu merupakan salah satu sayuran ada yang dimanfaatkan sebagai bahan dasar atau bahan pelengkap dalam penyajian masakan sayur, baik itu sayur berkuah atau tidak. Dan jenis labu yang lainnya juga ada yang dimanfaatkan sebagai bahan utama atau bahan kombinasi dalam pembuatan aneka makanan dan cemilan seperti Puding.
 Puding adalah olahan jajanan dari jelly atau agar-agar yang penyajiannya sudah inovatif sehingga hadir dengan berbagai pilihan sajian. Sedangkan Labu kuning, adalah jenis labu yang menjadi bahan kombinasi dalam pembuatan puding dan dikenal dengan sebutan Puding Labu Kuning. Puding yang satu ini sangat pas sekali dijadikan sebagai cemilan, cocok pula sbagai hidangan penutup atau sajian sehat untuk anak-anak. Kali ini kami menyajikan resep dan cara pembuatan dari Puding Labu Kuning ini, anda bisa menyimak cara pembuatannya di bawah ini :

PUDING LABU KUNING

Bahan – bahan :
  • Labu kuning ½ kg, kukus dan tumbuk halus
  • Gula merah 200 gr, sisir
  • Gula pasir100 gr
  • Air 100 ml
  • Daun pandan 1 lembar
  • Santan kelapa 1 liter
  • Agar agar putih bubuk 1 ½ bks

Cara Membuat Puding Labu Kuning :
1.   Kukus labu kuning sampai matang lalu tumbuk halus dan sisihkan.
2.   Sisir gula merah sampai halus lalu campurkan dengan gula pasir dan larutkan ke dalam air, aduk-aduk supaya cepat larut lalu tambahkan dengan daun pandan dan rebus matang. Angkat lalu saring.
3.   Tuang agar-agar putih bubuk ke dalam wadah berisi rebusan larutan gula yang sudah disaring dan rebus kembali selama beberapa saat bersama tambahan santan dan labu kuning halus. Pastikan untuk tetap mengaduk campuran bahan ini supaya santannya tidak menjadi pecah.
4.   Setelah rebusan campuran bahan puding labu kuning matang, angkat dan diamkan sampai uap panasnya hilang. Kemudian tuang puding ke dalam cetakan puding yang biasa anda gunakan dan diamkan sampai menjadi keras atau juga dapat dimasukkan ke dalam kulkas supaya lebih cepat mengerasnya.
5.   Puding labu kuning siap disajikan bersama pelengkap siraman susu kental manis atau pelengkap lain kesukaan anda.

Puding Labu Kuning, Supaya lebih menarik penyajiannya dan disukai anak-anak, anda dapat membentuk puding labu kuning dengan bentuk binatang dan lain sebagainya dengan bantuan cetakan puding tertentu.

Selamat mencoba dirumah bunda..smoga bermanfaat.

0 comments:

Post a Comment