Ads

Wednesday, October 26, 2016

RESEP MEMBUAT MANISAN KOLANG-KALING MANTAP

Kolang kaling adalah buah dari pohon aren yang diolah dengan cara di kuliti dan dipotong-potong kecil sedang kemudian direbus sampai matang sampai terasa empuk dengan beberapa campuran bahan seperti pandan, cengkih, kayu manis dan gula pasir juga pewarna makanan. Agar kesehatan tubuh tetap terjaga, gunakan bahan pemanis gula diet sebagai pengganti gula pasir dan juga gunakan pewarna makanan pada manisan kolang kaling ini secukupnya saja. Kali ini kami sajikan resep cara membuat Manisan Kolang Kaling yang nikmat untuk anda. Yuk langsung saja simak resepnya dibawah ini :

MANISAN KOLANG-KALING MANTAP

Bahan-bahan Manisan Kolang Kaling :

  • Kolang kaling muda, 1000 gram
  • Cengkih, 10 butir
  • Kayu manis, 5 cm
  • Daun pandan (ikat simpul), 2 lembar
  • Air bersih, 1200 ml
  • Gula pasir putih, 400 gram
  • Pewarna makanan (merah dan hijau) secukupnya

Cara Membuat Manisan Kolang Kaling :

  1. Larutkan gula dalam air dengan tambahan kayu manis, cengkih, dan daun pandan. Rebus sampai mendidih dan mengeluarkan aroma harum dan wangi pandan.
  2. Kemudian tambahkan kolang kaling yang sudah dipotong-potong dan dicuci bersih (direndam dalam air cucian beras selama 2 jam), rebus sampai matang. Lalu tambahkan perwarna makanan secukupnya (sesuai selera). Angkat.
  3. Tuang dalam wadah saji lalu dinginkan dalam freezer untuk dihidangkan nanti.

Kolang kaling mengandung serat yang baik sekali bagi pencernaan dan cocok sekali dijadikan hidangan saat buka puasa ataupun saat menikmati suasana santai di sore hari. Selain dapat dinikmati langsung juga dapat dijadikan sebagai kudapan pelengkap dalam sajian es campur dan es buah..hhmmmm yummyy..

Selamat mencoba ya..

0 comments:

Post a Comment